Langsung ke konten utama

SAMANTA FOUDATION GELAR PELATIHAN PEMANTAUAN DAN PENILAIAN PEMBANGUNAN DESA

Foto Speaker Kampung.
Lombok Timur SK_Pelaksanaan pelatihan pemantaun dan penilaian pembangunan desa berjalan lancar yang dihadiri dari tiga desa di tiga kecamatan kabupaten Lombok Timur yaitu Desa Lenek Lauk kecamatan Aikmel, Desa Wanasaba kecamatan Wanasaba dan Desa Mekarsari kecamatan Suela.

Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 30 orang dengan sepuluh orang perdesanya dari unsur Pemerintah desa, kecamatan dan unsur masyarakat.
Selama pelatihan peserta sangat antusias untuk mengikutinya meski pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa, 2 – 4/08/2016. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Samanta Fondation di Wisma Karina Selong Kabupaten Lombok Timur.
Suhipuddin salah seorang peserta perwakilan Desa Mekar Sari, ia mengatakan “saya sangat senang sekali mengikuti pelatihan tersebut karena pelatihan tersebut berbicara tentang pemantauan atau monitoring dalam pembangunan desa”. Ungkapnya.
Dirinya juga menjelaskan terkait dengan pelatihan ini akan bermanfaat bagi dirinya dan pembangunan desa. Dan masyarakat akan mampu melihat peroses pembangunan yang ada di desanya.
Sementa Herman selaku panitia berharap adanya kegiatan ini akan membantu warga dan pemerintah akan terus melihat kondisi pembangunan yang ada di desa.
Hal ini disampaikannya “Dari proses pelatihan ini peserta lebih banyak bertanya lewat diskusi agar kita paham terhadap proses-proses pembangunan yang ada di desa”.
“Untuk pendamping desa mari kita bekerjasama untuk membangun desa, karena tidak ada yang lebih pintar dan yang lebih bodoh, sehingga dalam hal ini desa tidak bingung. Saya sangat senang melihat pendamping desa jika sering ke kantor untuk bagaimana kita berdiskusi tentang kemajuan desa”, ungkap Nunuk Ning Sistiyas selaku narasumber dari BPMPD kabupaten Lombok Timur.
Selain itu disampaikan juga oleh kepala Bappeda kabupaten Lombok Timur, ia mengatakan “Lewat dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat yang begitu besar sangatlah menggembirakan akan tetapi kita juga memiliki tanggung jawab yang besar dengan keberadaan ini sehingga kita harus berpacu dalam hal ini untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas pengetahuan kita agar semua desa yang ada di kabupaten Lombok Timur ini maju”.
“UU tentang pemantauan pembangunan desa itu ada, yang perlu juga ketahui adalah dalam pembangunan desa yang dipantau itu adalah bukan saja aparat desa yang melakukan pembangunan tetapi juga pelaksana proyek pembangunan. Tujuan dari UU desa adalah mendorong prakarsa, gerakan dan partisipasi masyarakat desa untuk pengembangan potensi desa”. Kata Dwi Sudarsono selaku Direktur SAMANTA Fondation. (oct)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653