Pati Rata Pringgabaya Lahir Untuk Membangun Desa

Peringgabaya SK_Pemuda Pemudi Dasan Lendang, Dusun Dasan Lendang,  Desa Pringgabaya, Kecamatan, Pringgabaya, Lombok Timur-NTB, berinisiasi mendirikan kelompok pemuda dengan niatan mengisi waktu pada kegiatan yang postif.

Pemuda pemudi ini menamakan organisasinya denga sebutan Pati Rata. Seperti kata Rian Arsyat selaku admin Facebook pemuda dalam setatusnya, ia menceritakan Pati Rata ini di ambil dari bahasa aksara Sasak yang memiliki makna  sama rata, sama rasa, kompak, dan persatuan.

Dari pengelingsir gubuk kami di berikan kiasan ini dengan harapan bahwa remaja remaji akan selalu sama rata, selalu bersama dengan kompak dalam melaksanakan aktivitas yang sifat nya membangun gubuk dasan lendang.

Kami ingin membuktikan bahwa saat ini, untuk menjadi pemuda milenial yang gaul dan keren-keren itu tak harus menjadi nakal, akan tetapi bagaimana kami memberikan manfaat sebisa yang kami lakukan dalam kapasitas kami sebagai remaja-remaji dasan lendang (Patirata).

Adapun kegiatan Rutin kami adalah Gerakan Bersih Lingkungan yang kami sebut dengan Geruman. Sebuah gerakan menyapu setiap gang-gang di gubuk kami.

Istilah Geruman itu sendiri sebenarnya di ambil dari sebuah sapu, seperti sapu lidi maupun sapu ijuk, yang mana apabila mereka banyak dan bersama akan membersihkan segala sampah yang di sapunya. Berbeda dengan satu biji maka tidak akan bersih.

Kegiatan-kegiatan kami yang lain nya adalah Ikut terlibat dalam setiap acara adat dan budaya gubuk, sperti Begawe (Pesta.red). Kami mulai membantu dari H-7 acara dan di H-1 pun kami tetap aktif. Mulai dari ikut Mengupas kelapa, nangka, bawang, sampai saad memasak. Dan ikut begadang itu hanya dilakukan hari libur sekolah tambahnya.

Ke inginannya membangun gubuknya membuat masyarakat bangga dengan pergerakan kelompok Patarata tersebut, selain itu mereka menggeret teman-temannya dalam hal yang positif.

Penulis: Rozi Anwar

Related Posts:

1 Response to "Pati Rata Pringgabaya Lahir Untuk Membangun Desa"

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...