Berangkat Dari Kebutuhan Warga, BUMDes Aikmel Barat Kembangkan Usaha Penyewaan Alat Music


Aikmel. News_Dari ruangan 2 X 3 meter,  satu lorong dengan aula kantor desa. Alat berupa soudsystem dan instrument music padati ruang itu. Ruangan tersebut gudang sementara unit usaha penyewaan alat Soudsystem dan alat music. Alat tersebut salah satu unit usaha BUMDes Sehati Desa Aikmel Barat Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.

Usaha BUMDes ini berawal dari banyaknya potensi berupa bakat anak muda dalam bermusik. Pihak desa bersama BUMDes menyepakati pengelolaan penyewaan alat music. Hal ini disampikan Kepala Desa Aikmel Barat Mulyadi menjelaskan bahwa dirinya melihat potensi yang ada, anak muda hoby bermain music, warga setempat juga rata-rata senang menikmati music.

“dari potensi yang ada ini, kenapa tidak untuk dikembangkan usaha penyewaan alat music dan soundsystem” jelas Mulyadi Kepala Desa Aikmel Barat, Kamis 3/10/2019 di Aula Kantor Desa Aikmel Barat.


Menurut Mulyadi, meningkatkan ekonomi desa itu pula, alasan mendasar memilih jasa penyewaan sound system sebagai salah satu usaha unit usaha yang dikelola BUMDes Sehati.

“Melihat potensi ekonomi dan peluang yang ada, Desa Aikmel Barat memilih jasa penyewaan sound system sebagai usaha yang dikelola BUMDes.Tentunya, selain pendapatan dari jasa sewa, karena ini usaha desa maka selalu ada sisi sosialnya, minimal bisa mempermudah warga dalam penyewaan alat-alat acara gawe” tambah pria berkaca mata itu.

Saat bincang dengan  TPID Kecamatan Aikmel, Kamis, 10/10/2019, Mulyadi yang di damping Sekdesnya  membeberkan, selain kepada warga Desa Aikmel Barat, BUMDES menyewakan Sound system ke beberapa desa yang ada di Kecamatan Aikmel.


Mulyadi juga menuturkan, memenuhi peralatan sound sytem yang lengkap, pihaknya juga menyewakan terop, dan perlengkapan perasmanan. Kedepan  pihak BUMDes akan didorong untuk jasa penyewaan perlengkapan alat panggung pelaminan

“Dengan adanya alat yang disewakan pihak BUMDes, berharap banyak untuk  mendongkrak pendapatan asli Desa Aikmel Barat,” ujar Mulyadi.


Untuk dimaklumi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), merupakan
 lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa, dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

BUMDesa merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. BUMDesa sebagai lembaga sosial, berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar. Dalam menjalankan usahanya prinsip efisiensi dan efektifitas harus selalu ditekankan.


Related Posts:

0 Response to "Berangkat Dari Kebutuhan Warga, BUMDes Aikmel Barat Kembangkan Usaha Penyewaan Alat Music"

Posting Komentar

Featured Post

DPC SPMI Lotim Minta Nama BIL Diganti?

Lombok Timur, SK - Dewan Pimpinan Cabang, Serikat Pekerja Migrant Indonesia (DPC-SPMI) Kabupaten Lombok Timur, Abdurrahman, meminta kepada...