Langsung ke konten utama

Sekdis Dikbud Lotim: Bupati Siapkan SK Kepada Semua Guru Honorer

Suara. SK_Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy, melalui Sekdis pendidikan Huzaefah, pada acara talkshow Speaker Kampung menjelaskan polemik SK guru honorer, bagi tenaga pendidik yang belakangan ini menjadi isu yang hangat diperbincangkan masyarakat Lombok Timur.

Bertempat di Lesehan Kampung, Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok Timur, katanya, dengan tegas Bupati Sukiman Azmy dan Wakil Bupati H. Rumaksi akan memberikan SK kepada semua guru Honorer Lombok Timur, baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta.

"Dengan tegas Bupati mengatakan semuanya adalah guru Lombok Timur, dan Bupati berkewajiban memberikannya SK," terang Huzaefah.

Sesuai PP Nomor 48 Tahun 2016 Pasal 95, mengatakan Bupati diperintahkan untuk memberikan SK kepada guru yang mengajar di sekolah negeri terlebih dahulu baru kemudian guru yang mengajar di swasta. Jika PP itu tidak diindahkan maka Bupati bisa dikenakan sanksi.

Guru yang mengajar di sekolah swasta juga katanya akan diberikan SK oleh Bupati dan wakil Bupati. SK itu rencana akan dikeluarkan sekitar bulan Oktober atau November 2019. Gaji yang berasal dari APBD ini disebut dengan Tunjangan Insentif Operasional (TIO) terhitung sama dengan guru yang mengajar di sekolah negeri dibayarkan mulai bulan Januari 2019. Namun apabila ada guru yang sudah sertifikasi maka, tidak akan mendapat tunjangan dari daerah.

Pada acara Talkshow Speaker Kampung tersebut, Muhammad Ardi dari Komunitas Anak Kampung dan Fikri, Jurnalis Media Speaker Kampung, meminta kepada Sekdis supaya menjelaskan secara rinci, siapa-siapa yang diberikan hak untuk mendapatkan SK Honda tersebut.

Maksudnya supaya tidak menjadi gamang. Tidak menimbulkan kecemburuan sosial ditengah masyarakat, terutama nasib guru swasta hingga saat ini belum ada titik terangnya kapan akan dikeluarkan SK nya jika memang benar mereka juga jadi prioritas Bupati.

Sedangkan mereka yang mengabdi di sekolah negeri semuanya diberikan SK. Mulai dari penjaga sekolah, Operator sekolah, hingga guru yang baru masuk mengajar sekalipun.

Oleh karena itu, wajar jika guru yang sudah  lama mengabdi di sekolah swasta mempertanyakan hal itu. Sebagaimana ditegaskan Huzaefah pada Talkshow Speaker Kampung, bahwa katanya, Bupati pernah mengatakan, semua guru baik yang mengajar di sekolah swasta maupun negeri semuanya adalah guru Lombok Timur dan akan diberikan SK.

Nah, kata-kata inilah yang menjadi pegangan semua guru yang mengajar di sekolah swasta khususnya Lombok Timur. Dan, janji ini tentu akan terus ditagih sampai Bupati benar-benar merealisasikannya.

Rasyid Ridho perwakilan guru swasta mengatakan, dibutuhkan komitmen dari pemerintah daerah kepada guru swasta di Lombok Timur. Karena SK ini terbagi tiga, antaranya, SK Perintah Kerja, Kelompok Kerja, Perjanjian Kerja.

Apapun namanya, Ridho terus mempertanyakan kapan akan diberikan. "Jangan kami terus menghayal, kapan, kapan, kapan akan diberikan, biar merata baik sekolah negeri maupun Swasta," tegasnya.

Pengamat pendidikan dari Beranda NTB, Mawardi, katanya, tetap mengacu pada amanat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang bagaimana mencerdaskan bangsa melalui dunia pendidikan.

Bersama dinas pendidikan, guru harus mampu berinovasi dengan baik. Kemudian katanya, ada integritas antara pemerintah daerah dengan guru agar tercetak generasi penerus yang berkualitas.

"Kami berharap kepada pemda dan tenaga pendidik supaya tetap melakukan upaya yang berkualitas, menjadikan pendidikan yang ilmiah, demokratis serta berpihak pada rakyat," tutup Mawardi. (Ggar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653