Langsung ke konten utama

Cerita Y Si Pecandu Rokok di Pringgabaya

Pinggabaya SK_Lotim- Pola asuh dan pengawasan orang tua terhadap aktivitas sosial anak sangat penting. Apabila orang tua lengah terhadap hal itu, maka akan menciptakan anak tersebut terjerumus pada pergaulan yang kurang  baik, sehingga anak tersebut akan belajar merokok di lingkungan pergaulannya yang orang tua tida ketahui.

Dari hasil liputan Speaker Kampung menemukan seorang anak yang sedang asyik berkumpul dengan teman-temannya sambil merokok.

Saat ditanya, salah seorang anak berumur 15 tahun yang sebentar lagi naik kelas 3 Madrasyah Tsanawiyah (MTS) sebut saja dia Y (red. Nama samaran) ini menceritakan bagaimana dirinya belajar merokok sampai menjadi perokok saat ini.

Y mengatakan dirinya belajar mengenal rokok dan merokok sejak ia sering disuruh membeli rokok serta melihat bapak nya merokok.

Selain itu  dia belajar merokok dari  sepupunya. Kala itu ia menggunakan bulu jagung kering sebagai tembakau dan kulit jagung sebagai kertas rokoknya, "rasanya panas di tenggorokan kayak seret-seret gitu" kata Y
 bercerita.

Siswa yang akan naik kelas 3 MTS ini juga bercerita tetang dirinya saat di sekolah. Kalau di sekolah dirinya tidak pernah merokok, sebab uangnya tidak cukup membeli rokok. Guru-guru juga sering di lihat sembunyi-sembunyi saat merokok. "Mereka tidak berani terang-terangan karena kepala sekolah tidak merokok" ungkapnya.

Y juga mengungkapkan kepada media, kalau ia merokok sepulang dari sekolah, "itupun rokok lintingan yang saya rokokkan" kata Y

Di tempat yang sama y juga bercerita tentang dirinya yang tidak merokok di rumah. Dia hanya merokok di luar rumah saja "saya merokok nya di tempat ngumpul" kata dia.

Lanjut dia bercerita, ia pernah di lihat oleh orang yang lebih dewasa dari dia saat merokok. Orang tersebut bukan menegur dia justru memberikan nasihat aneh. " merokok sudah, merokok itu tanda sebagi seroang laki-laki"  begitu kata laki-laki itu, menjelaskan kepada Y.

Dirinya juga bercerita tetang kapan mulai sebagai perokok. ia  intensif merokok saat mengikuti seni musik gendang bleq. "Nah kalo kita main gendang bleq, puas sudah kita merokok" katanya. Saat main gendang bleq tidak ada yang mengawasi, dan tidak dilarang ketua gendang bleq untuk merokok. "Pokok selesai makan wajib merokok kalo kita main gendang bleq, jelasnya.

Kendati demikian, Y yang akan naik kelas 3 SMP ini sekarang sudah menjadi kecanduan rokok. "Kalo tidak ada rokok ya ngelinting" kata Y.

Kalo saya tidak merokok sehabis makan, lain sekali rasanya, kayak mual-mual gitu" terangnya

Lanjut dia menerangkan  kalau dia pernah dilihat oleh bapaknya merokok. Namun sikap orangtuanya justru acuh, tidak ada perhatian yang berlebih. "Sesekali saya pernah dilihat, tapi saya didiamkan, dan saya pernah ngambil rokok bapak saya" tutupnya.

Penulis: Rian

Komentar

Awan mengatakan…
Waduhhh

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653