Sekdes Optimis Desa Senanggalih Jadi Desa Maju

Lombok Timur, SK - Desa Senanggalih, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB pada Tahun 2021 optimis akan menjadi desa maju. Demikian dikatakan Sekretaris desa (sekdes) Sugita Jiwantara, pada media ini, Senin, (22/6/2020)

Desa yang memiliki penduduk 740 KK dengan  3.000 jiwa ini memiliki luas 864,95 Ha. Desa ini branding dengan Wisata Anggurnya sehingga, sudah sepantasnya Senanggalih dijuluki Desa Wisata Anggur.

Ketika jurnalis Speaker Kampung bersama Polsek Sambelia, Kades Senanggalih H. Suparlan beserta stafnya turun survey ke lokasi seperti apa kesiapan desa tersebut menuju Kampung Sehat yang digagas oleh Kapolda NTB.

Terbukti usaha produktif, kreatif, inovatif lengkap disana. Seperti Gren Horse yang dibangun di tengah perkampungan warga dikelola secara mandiri memanfaatkan lahan kosong pekarangan rumah dengan bermacam ragam  tanaman hortikultura seperti tanaman  hias, buah-buahan, sayuran yang berkualitas siap menerima pesanan pelanggan.

Pengembangbiakan Sapi, Kambing, Unggas kemudian usaha kerajinan tangan, produksi jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus corona didominasi oleh ibu rumah tangga secara mandiri juga bisa menjadi andalan meningkatkan ekonomi rumah tangga di tengah pandemi.

Meskipun tidak ada perusahaan yang berinvestasi di wilayahnya yang bisa menyerap tenaga kerja atau bisa  menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) seperti desa lain, namun Kades Senanggalih tidak pernah merasa kecewa. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberdayakan masyarakatnya memanfaatkan Dana Desa (DD) yang ada.

Bersama perangkatnya, dia terus bersinergi, membangun kepercayaan masyarakat dengan menggandeng pemuda, tokoh agama dan masyarakat agar sama-sama bergerak membangun desanya. Meskipun diketahui tidak semua niat baik itu akan berakhir dengan baik.

Tidak sedikit juga masyarakat yang dipimpinnya tidak senang dengan gaya kepemimpinannya tapi itu menurutnya hal yang wajar terjadi. Apalagi ketidaksenangan itu masalah politis dan prinsip.

Berkat kerjasama yang baik, dan intens bersama pemuda dan seluruh elemen masyarakat, sehingga segala bentuk usaha yang warga lakukan berjalan dengan baik, terstruktur serta masif apabila pemdes serius mendukung usaha warganya.

Badan Usaha milik Desa (BUMDes) seperti toko BUMDes, PAMDes, KRPL, Internet, diberikan hak pengelolaannya kepada pemuda dan masyarakat sesuai skillnya. Usaha desa yang mungkin sangat menjanjikan keuntungan bernilai ekonomis adalah internet yang mungkin saja desa lain belum mengarah ke sana tapi, Pemdes Senanggalih sudah mengerjakannya.

Nah, usaha ini menurut Sugita Jiwantara panggilan Gito, sudah dilakoni sekitar Enam bulan lalu menggandeng pengurus BUMDes. Aset milik Yuvi.net Labuhan Pandan katanya, dibeli seharga Sepuluh juta dengan sistem kontrak selama dua tahun.

"Pemasangan akses internet ini adalah bagian dari membuka jendela dunia," terang Gito panggilan akrabnya.

Kemudian lanjutnya, masyarakat yang ingin menggunakan jaringan internet di wilayah Senanggalih, harus membeli vocer pada agen. Lima belas (15) orang agen sudah bekerjasama dengan pengurus BUMDes. Sepuluh persen keuntungan untuk agen. Kemudian agen tersebut diberikan hak menggunakan jaringan internet secara gratis.

"Bagi warga luar desa untuk senentara belum bisa kami layani mereka fokus pada warga Senanggalih saja," jelasnya.

Pemasangan jaringan internet khusus di Senanggalih, lanjut Gito, diniatkan untuk mempermudah pemasaran usaha warga secara online atau memanfaatkan media daring. (Ggar)

Related Posts:

1 Response to "Sekdes Optimis Desa Senanggalih Jadi Desa Maju"

Featured Post

Sepuluh Calon Kawil Desa Sugian Ikuti Tes

Lombok Timur, SK - Sebanyak Sepuluh orang calon kepala wilayah (Kadus) ikuti tes akademik dan kompetensi bidang, penjaringan dan penyaring...