Langsung ke konten utama

Musyawarah Desa Dadap, Prioritas Pengaspalan Jalan

Lombok Timur, SK - Pemerintah Desa Dadap, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur laksanakan Musyawarah Desa (MUSDes) merumuskan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021, berlangsung di aula kantor desa Dadap, Rabu (22/7/2020).

MUSDes ini dihadiri oleh pendamping desa, Kasubag umum dan kepegawaian Kecamatan Sambelia, Kades Dadap beserta perangkatnya dan puluhan perwakilan masyarakat dari enam wilayah.

MUSDes ini dibuka langsung oleh Kepala desa Dadap, Rohani. Dalam sambutannya, Rohani menyampaikan jumlah Dana Desa (DD) yang diterima  dari pemerintah melalui APBN tahun ini katanya sebanyak Rp 1,438,466,000,- kemudian Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp 513,327,039,-

Dana desa sebanyak itu sebagiannya sudah disalurkan langsung ke warga terdampak Covid-19 melalui program BLT selama tiga bulan berturut-turut. Selain itu, sepanjang tahun 2020 ini pemdes juga sudah membuka jalan usaha tani sepanjang 850 meter dengan lebar 6 meter di Dusun Kokok Rajak.

Kemudian sisa dana tersebut menurut Kades Dadap, akan digunakan untuk pengaspalan jalan dari Dusun Timburan melalui Dusun Tanjong tembus ke Dusun Ujung sepanjang 2500 meter.

"Untuk tahun ini, pengaspalan jalan akan kita prioritaskan mulai dari dusun Timburan, Tanjong tembus ke Dusun Ujung," kata Rohani di depan warganya.

Meskipun begitu Rohani, tetap memberikan peluang kepada perwakilan  warganya mengusulkan hal prioritas lain yang kiranya bisa dikerjakan. Seperti penataan wisata pantai, pembangunan posyandu serta bantuan RTLH sepuluh unit akan dituntaskan pada tahun 2021.

Kasubag umum dan kepegawaian Mardi, S.AP dalam sambutannya sangat menyayangkan ketidakhadiran ketua BPD. Menurutnya, ketua BPD seharusnya   berada di tengah memimpin musyawarah untuk menyerap aspirasi warga.

"Ini sebenarnya domainnya ketua BPD memimpin rapat yang sifatnya strategis. BPD harus tau serta mengawal program pemdes jika BPD tidak tahu berarti ini hal yang lucu," sindirnya.

Meskipun begitu, Sekdes Dadap, Saparudin, menggantikan posisi ketua BPD yang tidak sempat hadir tetap optimis bahwa program pemerintah yang sempat tertunda akibat covid-19 akan direalisasikan pada tahun 2021.

Program prioritas yang diusulkan sebagian besar warga Dadap adalah pengaspalan jalan dari Dusun Timburan, Tanjong hingga tembus ke pantai Ujung.

Pengaspalan jalan ini sebagai langkah awal untuk menunjang program prioritas pemdes. Memperkenalkan area wisata yang ada di desanya tentu harus dibarengi  dengan akses jalan yang memadai agar wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Kondisi jalan tersebut memang cukup memprihatinkan. Sepanjang jalan, batu besar bermunculan dan tanahnya banyak yang berlubang. Belum lagi ketika musim hujan, kita melihat tanah becek, berlumpur dan digenangi air sangat mengganggu pengguna jalan.

Melihat kondisi jalan seperti itu, sudah sepantasnya pemdes memprioritaskannya. Apalagi pantai Ujung dan Timbagali semakin lama banyak dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan yang tujuannya memancing untuk melepas hobi atau mereka yang sengaja datang bersama keluarganya untuk sekedar mandi.

"Semoga rencana pengaspalan ini bisa kita realisasikan, agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh pengguna jalan," harap Saparudin.

Pengaspalan jalan sepanjang 2500 meter ini, menurut Kades Dadap, tidak akan cukup hanya sekedar mengandalkan DD. Tapi katanya, ada program dana lanjutan dimana pembiayaannya akan dibantu oleh perusahaan yang beroperasi di wilayahnya.

"Dana Desa tidak akan bisa mencukupi jika kita tidak dibantu oleh pihak ketiga dalam hal ini perusahaan tambak udang," terang Rohani. (Ggar)

Komentar

Kemudian sisa dana tersebut menurut Kades Dadap, akan digunakan untuk pengaspalan jalan dari Dusun Timburan melalui Dusun Tanjong tembus ke Dusun Ujung sepanjang 2500 meter.
Keterangan tsb perlu sy klarifikasi sdikit bhwa sisa dana 2020 tdk ada digunakan untuk pengaspalan melainkan rencana untuk th anggaran 2021

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653