Langsung ke konten utama

Pilkada Loteng Tak Ramah Pada Disabilitas


Praya. SK_Nurhayati (29), penyandang disabilitas asal Puyung Lombok Tengah mengaku khawatir jelang pilkada 2020 mendatang. Pasalnya, sebagai penyandang disabilitas, ia merasa belum mendapatkan hak-haknya secara maksimal.


Keluh kesahnya ini disampaikan Nurhayati di acara evaluasi program Jurnalis Warga Mengawal Pilkada yang diselenggarakan Speaker Kampung di Warung Kita Café Batujai Praya Lombok Tengah, Senin, (16/11/2020).


Hak-hak yang dimaksud Nurhayati, misalnya hingga hari ini ia belum mendapatkan sosialisasi apapun terkait mekanisme memilih untuk disabilitas, ketercukupan informasi terkait siapa calon bupati dan calon Wakil Bupati serta apa visi-misinya untuk penyandang disabilitas.


 “Hampir setiap pemilu, kami penyandang disabilitas selalu menjadi bagian yang terlupakan” Kata Perempuan yang menggunakan kursi roda ini.


Nurhayati tidak asal ngomong, dari pemilu ke pemilu. Pemerintah sepertinya abai pada kondisi mereka yang serba kekurangan. Ia bercerita, pada pemilu tahun 2019, saat itu ia belum memiliki kursi roda. Ia terpaksa harus pakai tongkat berpuluh-puluh meter untuk sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), padahal menurutnya, sebagai penyelenggara pemilu KPUD harusnya memberikan fasilitas untuk memilih dengan lebih mudah. Minimal bisa memilih di rumah seperti warga yang sakit.


Lebih ironis lagi, pada Pemilu 2014 lalu kata perempuan yang disapa Nur ini, dirinya terpaksa terpaksa tidak memilih karena TPS tempat Namanya tercantum ternyata pindah cukup jauh karena kebijakan KPU yang membatasi jumlah DPT di setiap TPS maksimal 300 orang.


“Awalnya, TPS saya selalu didekat rumah, tapi saat itu nama saya tercantum di TPS sebelah yang cukup jauh dan sangat tidak mungkin saya tempuh dengan kursi roda” Katanya.


Ketua Himpuan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kabupaten Lombok Tengah Sima Wandasari menyebut, apa yang disampaikan rekannya Nurhayati adalah realitas yang dihadapi para penyandang disabilitas dalam setiap pemilu selama ini.


Pemenuhan hak-hak politik disabilitas di Kabupaten Lombok Tengah tidak dijalankan oleh para penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu dan stakeholder yang lainnya.


“Hak-hak penyandang disabilitas di Lombok Tengah ini masih sangat jauh dari kata ideal, paradigma berfikir mereka dalam penyelenggaraan pemilu menggunakan paradigma normal, sementara kami yang disabilitas dilupakan, padahal kami juga punya hak politik” Protesnya.


Lanjut Sima, menurut data yang ada di HWDI Lombok tengah, jumlah komunitas penyandang disabilitas di Lombok tengah ini tidak kurang dari 200 orang. Belum termasuk Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).


Dengan jumlah yang cukup besar itu tambahnya, tentu saja dalam persoalan ini KPU benar-benar tidak memiliki sensitivitas kepada para penyandang disabilitas dan itu melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). 


Ketua KPUD Lombok Tengah Lalu Darmawan saat dikonfirmasi via pesan Whatsapp membantah KPUD Loteng tidak sosialisasi ke para penyandang disabilitas di Kabupaten Lombok Tengah bahkan sudah ada badan Ad Hoc khusus yang mengurusi para pemilih disabilitas ini.


“Ada komunitasnya teman-teman penyandang disabilitas, kepada komunitas ini kami melaksanakan sosialisasi” Balasnya.


Hanya saja ketika JW meminta nomor kontak panitia Ad Hoc yang dimaksud, ketua KPUD Loteng hanya menjawab. “Nanti saya mintakan kontaknya” Katanya singkat.


Dikonfirmasi kembali ke Ketua HWDI Loteng Sima Wandasari, ia menegaskan dan memastikan bahwa KPUD Loteng tidak pernah sosialisasi selama ini. 


“Kalo memang sudah pernah sosialisasi, kami minta dokumentasinya bang, kapan dan dimana saya mau tau” Kata Sima dengan nada marah.


“Bahkan saya ikut di Group WA yang berisi semua Komunitas Disabilitas se pulau Lombok, tapi tak pernah ada informasi tentang itu” Pungkasnya tajam. 

JW : Suhaeli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653