Pertahankan Kearifan Lokal, Kades Ketangga Dukung Lomba Permainan Gasing - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, 13 March 2021

Pertahankan Kearifan Lokal, Kades Ketangga Dukung Lomba Permainan Gasing


Ketangga, SK - Turnamen begasingan yang di gelar oleh pemuda Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok Timur, cukup menyita perhatian banyak kalangan terutama warga sekitar. 


Pemuda dan orang tua Desa Ketangga tanpa mengenal waktu siang dan malam sibuk mencari kayu yang akan digunakan untuk membuat gasing.


Selain hiburan untuk mengisi libur  panjang di tengah pandemi covid-19, turnamen gasingan ini juga salah satu  upaya untuk mempertahankan kearifan lokal. Permainan tradisional begasingan ini akan diperlombakan mulai pada, Ahad, 14 Maret 2021 mendatang.


Setelah gasingnya jadi, sorenya mereka  latihan dan malam hari, gasing yang mereka gunakan latihan tersebut diperbaiki kembali jika ada yang rusak akibat benturan gasing lawannya.


Keseimbangan dalam membuat gasing perlu juga diperhatikan, sehingga ketika mereka tampil lomba tidak menemukan kendala yang berat.


"Tiada hari tanpa mikirkan gasing," kata Ahi, pemuda desa setempat. 


Melihat antusiasme warga yang akan mengikuti turnamen ini, pemerintah Desa Ketangga sangat mendukung lomba permainan begasingan ini. 


Lewat lomba inilah, mereka bisa mengembalikan kearifan lokal yang selama ini hampir punah di telan masa. Akibat terkontamisasi permainan modern menggunakan aplikasi yang begitu mudah didapatkan melalui Android (gedget) 


"Kami sangat mendukung kegiatan lomba begasingan yang anak muda diinisiasi sendiri oleh pemuda," kata Kades Ketangga, Mislahuddin, ditemui media ini di rumahnya, Jum'at, (12/3/2021) 


Dia juga mendorong kepada pengurus Masjid agar mengumumkan lomba ini lewat pengeras suara agar masyarakat mengetahuinya. Lomba ini juga katanya sebagai ajang untuk mempererat solidaritas antar pemuda desanya.


"Saya akan bertanggung jawab dengan keamanannya selama berlangsung lomba ini," tutupnya. 

(Rozi A)

No comments:

Post Bottom Ad