Pemuda Memiliki Peran Penting Turut Andil Memajukan Daerahnya - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 6 July 2021

Pemuda Memiliki Peran Penting Turut Andil Memajukan Daerahnya

 


Lombok Timur, SK - Menyadari pentingnya peran pemuda turut membantu memajukan daerahnya, sebuah organisasi Internasional dibawah PBB, UNESCO telah memberikan peluang dan kesempatan kepada pemuda NTB membuat sebuah wadah yang diberi nama Rinjani Geopark Youth Forum (RGYF)


RGYF ini nantinya sebagai tempat para pemuda yang berusia antara 18-24 tahun berkreasi, menuangkan ide konkrit dan kreatif membantu pemerintah mengembangkan daerahnya lewat pariwisata khususnya Geopark Rinjani.


Untuk mengembangkan destinasi pariwisata di NTB khususnya menurut mereka melalui pendekatan tiga pilar yakni, pilar konservasi, pendidikan dan pengenvangan ekonomi berkelanjutan.


Sebagai syarat melihat keseriusan pemuda ikut berpacu mengembangkan wisata daerahnya pihak UNESCO melakukan berbagai tahapan. Tahapan tersebut mulai dari seleksi administrasi, wawancara untuk melihat wawasan yang dimiliki peserta baru kemudian mereka diberikan pembekalan dengan metode learning by experience (Educamp) selama sebulan. 


Antusiasme pemuda ikut menjadi peserta RGYF ini memang cukup tinggi. Buktinya, sebanyak 220 peserta ikut seleksi yang diterima hanya 46 peserta. Demikian rilis yang dikirim peserta RGYF ke redaksi Speaker Kampung.


Kemudian acara pelantikan anggota RGYF ini berlangsung di Sembalun pada hari Kamis, 1 Juli 2021. Hadir pada pelantikan tersebut adalah Kadis Pemuda dan Olahraga, Kepala KPH Rinjani Timur, Kepala Bappeda, Kadis Pariwisata, Dinas LHK, Kabid ESDM, dan beberapa unsur SKPD Provinsi NTB lainnya.



Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs. H. Surya Bahari, mewakili sekda selaku ketua pengarah UNESCO sangat mengapresiasi RGYF ini. Meskipun tidak didukung anggaran yang memadai tapi konsep kolaborasi yang diterapkan semua pihak menurutnya cukup bagus. Keberadaan forum RGYF menurutnya akan sangat membantu upaya Dispar dalam mempromosikan pariwisata di pulau Lombok. 


“Kehadiran adik-adik, selain berperan sebagai Geopark Rinjani Ambassador, kami juga angkat anda semua sebagai duta wisata pulau Lombok”, janji Yusron di diiringi tepukan dari semua peserta.


Pewarta: Rozi Anwar

Editor: Anggar

No comments:

Post Bottom Ad