Langsung ke konten utama

KSM Hari Pertama tingkat MA se Lombok Timur berjalan Sukses dan Tertib

LombokTimur.SK_Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Madrasah Aliyah ( MA) Kabupaten Lombok Timur di hari pertama pada Sabtu, 21 Agustus 2021 berjalan aman dan tertib sesuai harapan. Berdasarkan Juknis dari Kementerian Agama RI bahwa mata pelajaran yang dikompetisi untuk MA yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Tertintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Tertintegrasi.

Hizbul Wathan selaku pelaksana Panitia Kabupaten saat dikonfirmasi media ini menyampaikan bahwa KSM tahun ini diikuti oleh  peserta tingkat MA sebanyak 260 orang peserta dengan rincian 46 orang Mapel Matematika, Biologi 46 orang, Fisika 40 orang, Kimia 40 orang, 45 orang Ekonomi dan 43 orang mata pelajaran Geografi. Ini berarti persentase peserta meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pungkasnya.

Mahyudin selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur juga hadir memantau  pelaksanaan kegiatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan bergengsi ini dihajatkan untuk mengasah, mengadu dalam sebuah kompetisi bagi para Santri Madrasah dalam bidang Sains, sehingga KSM diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa dan evaluasi bagi Bapak/Ibu Guru dan Lembaga Pengelola Madrasah untuk terus berpacu meningkatkan kompetensi para siswa untuk lebih maju dan   bisa bersaing dengan yang lain. Ungkapnya

Sementara untuk lokasi kegiatan KSM tingkat Kabupaten Lombok Timur dipusatkan di 2 tempat yaitu MAN 1 Lombok Timur dan MAN  IC Lombok Timur yang walaupun dalam petunjuk teknis dengan alasan pandemi Covid-19 para peserta boleh menjawab dari rumah atau dari tempat lain selama sarana pendukung memadai, namun berdasarkan hasil evaluasi saat uji coba 14-17 Agustus 2021 banyak mengalami kendala teknis. Dan ini bentuk ikhtiar panitia untuk meminimalisir adanya kemungkinan-kemungkinan teknis yang dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan yang cukup bergengsi ini.

M. Nurul Wathoni kepala MAN 1 Lotim saat ditemui di ruangnya mengatakan, kami yang diberikan amanat sebagai Madrasah lokasi KSM Kab. Lombok Timur saat diberikan amanat oleh Penmad Lotim harus bersedia menyiapkan segala kebutuhan peserta untuk memaksimalkan hasil, mulai dari ruangan, perangkat laptop sebagai client, internet dan lain sebagainya. Ungkapnya sembari memberikan senyuman dan genggaman semangat kepada para proktor dan pengawas yang akan bertugas.



Sementara secara teknis pelaksanaan, Panitia tingkat Kabupaten Lombok Timur mengamanatkan kepada Forum Operator Madrasah ( FORMAD) Lombok Timur dalam pengawasan dan proktor karena kegiatan ini berbasis online sepenuhnya diserahkan kepada Forum ini untuk menangani sampai selesai, namun bukan pada hal substansi dan sensitif seperti penilaian, melihat soal, mengoreksi dan sejenisnya karena itu hak tunggal dari panitia pusat.

Zamroni atau yang populer di kalangan Operator Madrasah sebagai salah satu Proktor yang ditugaskan di MAN 1 Lotim mengatakan bahwa Alhamdulillah persiapan sejak H-1 sudah mempersiapkan sarana prasarana terkait laptop, internet dan jaringan, tegasnya. Sementara Paozillah sebagai Proktor di MAN IC Lombok Timur melakukan persiapan yang sama dan ektra untuk kesuksesan KSM Kab. Lombok Timur tahun ini.

Sedangkan Pengawas yang bertugas ada 6 orang dan dibagi ke 2 lokasi yang ditentukan, Hasan Asy'ari, Zulkifli Amini, Zaeni ditugaskan di MAN 1 Lotim sedangkan Edi Suprianto, Yusuf, Marzoan di MAN IC Lombok Timur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653