Langsung ke konten utama

Padak Guar Resmi Sebagai Dewi Kampung Bahari Nusantara

Lombok Timur, SK - Dari sekian banyak destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan menuju Desa wisata Kampung Bahari Nusantara salah satunya Destinasi wisata yang berada di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur.


Sebut saja salah satunya destinasi wisata Pulo Lampu. Selain Pulo Lampu, ada banyak lagi destinasi wisata tersembunyi di sepanjang pesisir pantai Sambelia. 



Oleh karena itu, bertempat di Posal Selat Alas, Wisata Pantai Kondo, Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB, pada, Sabtu (25/9) Kementerian Kelautan dan Perikanan Dirjen PRL Launching sinergitas pembangunan Dewi bahari dan serah terima bantuan untuk mendukung DSPP Mandalika dan beberapa desa wisata yang berada Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara, Bima, Sumbawa, dengan total bantuan pengembangan wisata Bahari sebesar Rp 1.655.809 200,- 



Bantuan tersebut akan digunakan untuk perencanaan pengembangan, sarana dan prasarana wisata bahari seperti alat selam, pondok informasi, perahu wisata, tracking mangrove serta untuk sarana pendukung wisata lainnya. Untuk Desa Wisata Kampung Bahari Gili Kondo sendiri menerima bantuan sebesar Rp 358.856.500,- 




Plt Dirjen PRL Kementerian KKP, Pamuji Lestari bersama Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy, usai peresmian Gili Kondo, Desa Padak Guar, sebagai Dewi Kampung Bahari Nusantara mengatakan, program ini dicanangkan untuk beberapa desa di Provinsi NTB.


Ia berpesan kepada Bupati Sukiman Azmy dan kepala desa Padak Guar, agar program bantuan yang diberikan ini bisa dirawat dengan baik dengan melibatkan Pokdarwis, Pokmaswas, dan unsur masyarakat setempat sebagai pelaku wisata.



"Masyarakat yang mendapatkan bantuan terus diberikan pembelajaran, bimbingan, dampingan agar bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka terutama dalam menghadapi pandemi ini," pesan Dirjen.



Ia meyakini dengan pesisir pulau kecil ini Pandemi tidak akan ada. Dengan pres area, udara yang segar, matahari yang terik, pengunjung wisata sudah pasti akan terus melakukan metabolisme sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh.



Pada kesempatan yang sama, Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy pada jurnalis Speaker Kampung, mengakui kegembiraan yang dirasakan masyarakat pesisir pantai khususnya pemdes Padak Guar. Sebab kawasan wisata Gili Kondo mendapat berkah atas kunjungan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 


Bantuan sarana prasarana dari KKP ini lanjut Bupati, sudah barang tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebelum mereka mengunjungi pulau-pulau kecil, mereka bisa melepas lelah atau istirahat di tempat yang sudah disediakan.

 

"Atas nama masyarakat, saya Bupati Lombok Timur mengucapkan terimakasih yang tulus kepada jajaran KKP yang telah memberikan perhatian yang sangat besar kepada Lombok Timur khususnya dan Provinsi NTB pada umumnya," ucap Sukiman. 


Sesuai permintaan Ibu Dirjen, Bupati Sukiman Azmy, katanya akan terus bersinergi, berkolaborasi sehingga program yang dicanangkan oleh kementerian dapat berjalan dengan baik.


Kemudian, melihat infrastruktur jalan masuk ke Gili Kondo belum sempurna banyak yang berlubang, Bupati yang didampingi Kepala Bappeda, Kadis PU, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan langsung memerintahkan kepala Bappeda untuk memberikan anggaran perbaikan jalan masuk ke Gili Kondo pada tahun 2022 mendatang. 


Perintah langsung Bupati kepada bawahannya itu sangat diapresiasi oleh Kades Padak Guar, Tarmizi, SH. "Alhamdulillah semoga perbaikan jalan ini bisa segera terealisasi pada tahun 2022 mendatang," ucapnya.



Sementara itu, Paspotmar Lanal Mataram, Kapten (laut) M. Gurkan, selaku pimpinan dalam melaksanakan Kampung Bahari Nusantara katanya akan terus bersinergi dalam melaksanakan program Dewi Kampung Bahari Nusantara dengan program  KKP.


Untuk Kampung Bahari Nusantara itu tambah Gurkan, akan mengembangkan lima klaster khusus di Desa Padak Guar. Kelima klaster itu antaranya, klaster pertahanan, ekonomi, pariwisata, edukasi dan kesehatan.


"Harapan kita kelima klaster, dengan sinergitas Pemda Lotim kita berharap mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat," tutup Gurkan. (Ggar) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653