Wisata Bahari Padak Guar Terima Bantuan - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, 26 September 2021

Wisata Bahari Padak Guar Terima Bantuan


Lombok Timur, SK_Bertempat di Posal Selat Alas, Wisata Pantai Kondo, Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB, pada, Sabtu (25/9), Kementerian Kelautan dan Perikanan Dirjen PRL Launching sinergitas pembangunan Dewi bahari dan serah terima bantuan untuk mendukung DSPP di daerah Loteng, Lotim, Lobar, KLU, Bima, Sumbawa, dengan total bantuan pembangunan Dewi Bahari sebesar Rp 1.655.809 200,- 


Bantuan tersebut akan digunakan untuk perencanaan pengembangan, sarana dan prasarana wisata bahari seperti alat selam, pondok informasi, perahu wisata, tracking mangrove serta untuk sarana pendukung wisata lainnya. Untuk Desa Wisata Kampung Bahari Gili Kondo sendiri menerima bantuan sebesar Rp 358.856.500,- 


Plt Dirjen PRL Kementerian KKP, Pamuji Lestari bersama Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy, usai peresmian Gili Kondo, Desa Padak Guar, sebagai Dewi Kampung Bahari Nusantara mengatakan, program ini dicanangkan untuk beberapa desa di Provinsi NTB.


Ia berpesan kepada Bupati, Sukiman Azmy dan kepala desa Padak Guar, agar program bantuan yang diberikan ini bisa dirawat dengan baik dengan melibatkan Pokdarwis, Pokmaswas, dan unsur masyarakat setempat sebagai pelaku wisata.


"Masyarakat yang mendapatkan bantuan terus diberikan pembelajaran, bimbingan, dampingan agar bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka terutama dalam menghadapi pandemi ini," pesan Dirjen.



Ia meyakini dengan pesisir pulau kecil ini Pandemi tidak akan ada. Dengan pres area, udara yang segar, matahari yang terik, pengunjung wisata sudah pasti akan terus melakukan metabolisme sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh.


Pada kesempatan yang sama, Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy pada jurnalis Speaker Kampung, mengakui kegembiraan yang dirasakan masyarakat pesisir pantai khususnya pemdes Padak Guar. Sebab kawasan wisata Gili Kondo mendapat berkah atas kunjungan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 


Bantuan sarana prasarana dari KKP ini lanjut Bupati, sudah barang tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebelum mereka mengunjungi pulau-pulau kecil, mereka bisa melepas lelah atau istirahat di tempat yang sudah disediakan. 


"Atas nama masyarakat, saya Bupati Lombok Timur mengucapkan terimakasih yang tulus kepada jajaran KKP yang telah memberikan perhatian yang sangat besar kepada Lombok Timur khususnya dan Provinsi NTB pada umumnya," ucap Sukiman. 


Sesuai permintaan Ibu Dirjen, Bupati Sukiman Azmy, katanya akan terus bersinergi, berkolaborasi sehingga program yang dicanangkan oleh kementerian dapat berjalan dengan baik.


Kemudian, melihat infrastruktur jalan masuk ke Gili Kondo belum sempurna banyak yang berlubang, Bupati yang didampingi Kepala Bappeda, Kadis PU, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan langsung memerintahkan kepala Bappeda untuk memberikan anggaran perbaikan jalan masuk ke Gili Kondo pada tahun 2022 mendatang. 


Perintah langsung Bupati kepada bawahannya itu sangat diapresiasi oleh Kades Padak Guar, Tarmizi, SH. "Alhamdulillah semoga perbaikan jalan ini bisa segera terealisasi pada tahun 2022 mendatang," kata Tarmizi.

 

Sementara itu, Paspotmar Lanal Mataram, Kapten (laut) M. Gurkan, selaku pimpinan dalam melaksanakan Kampung Bahari Nusantara katanya akan terus bersinergi dalam melaksanakan program Dewi Kampung Bahari Nusantara dengan KKP.


Untuk Kampung Bahari Nusantara itu tambah Gurkan, akan mengembangkan lima klaster khusus di Desa Padak Guar. Kelima klaster itu antaranya, klaster pertahanan, ekonomi, pariwisata, edukasi dan kesehatan.


"Harapan kita kelima klaster dengan sinergitas Pemda Lotim kita berharap mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat," tutup Gurkan. (Ggar)

No comments:

Post Bottom Ad