Langsung ke konten utama

Pantai Tanjung Menangis Pringgabaya, Tingkatkan Pendapatan masyarakat dan jadi sumber PADes

 


Lombok Timur, SK__Wisata Pantai Tanjung Menangis Merupakan salah satu Destinasi wisata yang sedang naik daun di kabupaten Lombok Timur. Pesona Pantai Tanjung menangis yang berlokasi di Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur itu, kini ramai di kunjungi wisatawan lokal. Hal tersebut menjadi berkah bagi Desa Pringgabaya dan masyarakat lokal di Dusun Ketapang, serta Desa pringgabaya karena menjadi salah satu sumber pedapatan desa.


Pantai yang dulunya  kumuh dan angker itu, kini telah di sulap oleh Pemerintah Desa Pringgabaya bersama dengan Kelompok Sadar Wisata Tanjung Menangis  (POKDARWIS), dan masyarakat sekitar menjadi wisata idaman warga lokal yang berada di sekitaran Lombok Timur bagian Utara. 


Pesona Sunrise dan Desain mirip seperti pantai-pantai di lokasi wisata terkenal seperti Senggigi, Kuta dan Tanjung Bias di Lombok Barat, Pantai Tanjung menangispun mampu menghipnotis mata para wisatawan lokal.


Kepala Desa Pringgabaya Sutiman mengatakan, pada tahun 2020 silam, Pemerintah Desa Pringgabaya mengalokasikan 1,3 milyar Dana Desa untuk pembenahan fasilitas wisata pantai tanjung menangis.


"Pada tahun 2020 itu, kita prioritaskan anggaran untuk pantai tanjung menangis, kita bangun infrastruktur, sperti Rabat jalan, Pembuatan Trotoar sebagai penahan abrasi pantai, dan jembatan, serta beberapa Lapak" jelasnya pada Kamis (30/10/2021)


Lanjut Timan sapaan akrab kades pringgabaya itu mengatakan, dirinya melakukan penataan pantai tanjung menangis tersebut karena melihat potensi wisata yang luar biasa, hal itu juga tentu untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa.


 "saya melihat Tantai Tanjung Bias, disana pantainya tidak kalah bagus dari pantai kita di Pringgabaya, kalau pantai tanjung bias punya Sunset, kita Punya Sunrise" jelas dia diruangan kerja kantor Desa Pringgabaya. "Ini potensi besar yang harus kita poles dengan sentuhan seni, sehingga pantai ini bisa jadi sumber penghasilan masysrakat dan sebagai sumber pendapatan desa" tegasnya menambahkan. 


Terpisah dari kepala Desa Pringgabaya, warga setempat yang memiliki lapak dagang di sekitar area Pantai Tanjung Menangis menerangkan tentang dirinya yang sekarang memiliki pendapatan yang meningkat daripada sebelum pantai tanjung menangis di benahi. 


Dalam perhari para pedagang mendapatkan hasil minimal 200 ribu, sedangkan pada malam minggu dan hari minggu mereka mendapatkan hasil sampai angka 500 ribuan. 


"Alhamdulillah setelah pantai ini bagus, pengunjungpun ramai berdatangan, penghasilan kita berdagangpun meningkat, kalo hari biasa saya dapet 100 ribu, kalo mlm minggu dan pagi dapet kadang 500 bahkan lebih" jelas Eti Lusita (23), pedagang di tanjung menangis. 


Dalam kesempatan tersebut sebagai pedagang Eti berharap lebih jauh agar wisata pantai tanjung menangis lebih di tingkatkan lagi fasilitasnya sehingga wisatawan lebih ramai lagi datang. 


Pada kesempatan yang sama, ketua Pokdarwis Pantai Tanjung Menangis Lalu Marzoan Jayadi, mengatakan bahwa pembangunan pariwisata desa, terhusus di tanjung menangis pada tahun anggaran 2022 mendatang akan di bangun beberapa fasilitas penunjang pariwisata. Hal itu di harapkan akan mampu terus meningkatkan pengunjung.


" 2022 saya melihat pemdes sudah menganggarkan sekutar 600 juta, untuk membangun beberapa fasilitas tambahan seperti lapak, dan Lahan Parkir, agar lebih rapi lagi" jelasnya. 


Lebih jauh jaya menjelaskan, hal itu dilakukan guna penataan pantai tanjung menangis yang lebih baik. Lapak-lapak yang masih kumuh biar lebih baik dan kren lagi. Sehingga tidak timpang antara pedagang yang satu dengan lainnya. 


"Kalau sudah semua nya kita tata dengan baik, kan pantai kita akan lebih bagus, pengunjung akan meningkat" tutupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653