Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

TP-PKK Lotim Lakukan Kegiatan Jum'at Bersih ke Sambelia


Lombok Timur, SK - Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur, lakukan kegiatan Canting Mas Go Green and Clean ke Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Jumat, 12/11) 


Kegiatan itu dihadiri oleh ketua TP-PKK Lombok Timur, Hj. Hartati  Sukiman Azmy didampingi beberapa OPD yang menjadi mitra kerjanya. Hadir juga pada acara itu, FKPPI Sambelia serta unsur pemuda desa setempat. 


Dalam sambutannya, Hartati menyampaikan tiga hal pokok yang akan menjadi perhatian pemerintah diantaranya adalah terkait dengan pendidikan, kesehatan dan teknis pengasuhan anak dalam keluarga.


Di bidang kesehatan misalnya. Menurut data yang diterima pihaknya, sekitar 1124 (31,95%) anak mengalami stunting di Sambelia. Jumlah ini dikhawatirkan bisa mengalami resiko tinggi dalam tumbuh kembang anak jika tidak segera diperhatikan. 


"Silahkan DP3Kb memperhatikan khusus wilayah ini, berikan keistimewaan agar tidak ada lagi stunting di waktu mendatang," pintanya.



Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia minta kepada mitra kerja TP-PKK di daerah, kecamatan maupun desa agar serius memperhatikan masalah ini. Begitu pula kader Posyandu yang berada di tingkat dusun maupun desa diharap bisa memberikan bimbingan pada orang tua atau wali teknis mengasuh anak di rumah agar sinkron dengan pembelajaran di Sekolah.


"Jum'at bersih jadikan rujukan. Mari kita berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TP-PKK Kabupaten siap mendampingi," janjinya.


Pembentukan Dasawisma untuk gerakan sosial di setiap lingkungan juga harus ada. Semua data bisa di cover disana. Begitu pula Posyandu sebagai tempat pelayanan prima wadah menyalurkan asupan gizi Bumil dan Balita perlu ditingkatkan. 


Untuk membantu gerakan sosial kemasyarakatan pedesaan, Hartati meminta agar pemuda atau remaja Masjid diberikan peran membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat. Hal-hal yang menjadi kebutuhan pemuda untuk meningkatkan skillnya juga penting diperhatikan terutama oleh dinas ketenagakerjaan dalam hal ini LLK.


Agar semuanya bisa terwujud maka dibutuhkan kerjasama semua pihak. Oleh karena itu, Kepala Desa Labuhan Pandan, Sahnan, SAP, memimpin pembacaan sepuluh komitmen yang akan mereka jadikan rujukan dalam memberikan pelayanan maksimal pada masyarakatnya. Pembacaan komitmen itu diikuti oleh perwakilan pemuda, masyarakat, kader Posyandu dan kemudian dilakukan penandatangan komitmen. 


Diakhir kegiatan, TP-PKK Kabupaten, memberikan bantuan paket makanan bergizi kepada tiga anak yang mengalami stunting. Begitu pun diberikan kepada tiga orang Bumil yang disinyalir mengalami resiko tinggi ketika melahirkan. 


Tiga bantuan lainnya seperti bibit tanaman dari dinas ketahanan pangan, bantuan komposer bag dan pupuk organik dan bibit Markisa diberikan kepada kepala sekolah PAUD Idaman. (Ggar)


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement