Langsung ke konten utama

Mencicipi Sate Lilit, Kuliner Pedas Cita Rasa Khas Bali



Singaraja-SK, Menikmati sate lilit di Bali menjadi aktivitas wisata kuliner yang begitu banyak dilakukan oleh wisatawan. Akan tetapi sate lilit bukanlah satu-satunya jenis sate yang enak di Bali. Ada juga sate lain yang wajib Anda coba selama liburan ke Pulau Dewata, yaitu sate plecing.


Kuliner khas Bali yang satu ini merupakan jenis sate dengan cita rasa yang pedas. Oleh karena itu, jika Anda bukan orang yang tahan dengan makanan pedas, sebaiknya memilih menu lain. Karena sate plecing khas Bali ini adalah jenis sate yang dibuat dengan bumbu dengan bahan cabe alias sambal plecing. Jadi, tidak heran kalau sate ini memiliki cita rasa yang cukup pedas.


Adapun pembuatan sate plecing sendiri jauh berbeda dibandingkan dengan sate lilit. Jika sate lilit terdapat lilitan daging pada tusuk sate, akan tetapi pada sate plecing tidak akan anda temukan. Sebaliknya, sate ini memiliki bentuk sama persis seperti sate pada umumnya. Potongan daging ditusukkan pada tusuk sate yang telah disiapkan.


Bahan dasar dalam pembuatan sate plecing khas Bali bisa dibuat dengan beragam jenis daging. Anda dapat menemukan sate plecing yang dibuat dengan bahan utama daging babi, ada juga kuliner sate plecing ini yang dibuat dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, dan juga daging kambing.


Hal mendasar yang membuat sate plecing dengan jenis sate yang lainnya berbeda adalah bumbu plecing yang digunakan. Bumbu atau sambal plecing yang dipakai pada kuliner khas Bali ini bukanlah bumbu atau sambal kacang seperti biasanya. Oleh karena itu, Anda akan mendapati rasa sate plecing yang jauh berbeda dengan sate yang biasa dicicipi di Pulau Jawa.


Bumbu plecing yang terdapat pada sate plecing diolah dengan mencampurkan beberapa bahan dasar, mulai dari kemiri, terasi, tomat, serta bawang putih. Kemudian bahan-bahan tersebut dihaluskan dengan cara diulek. Rasa dari sambal ini tidak hanya pedas, akan tetapi juga disertai dengan wangi yang begitu sedap di hidung.


Menemukan warung makan yang menyediakan sate plecing khas Bali memang begitu mudah. Namun, tidak semua tempat makan tersebut bisa menyediakan kuliner tradisional Pulau Dewata ini dengan rasa yang begitu menggugah selera. Setidaknya, ada tiga tempat yang begitu terkenal sebagai lokasi menikmati kuliner sate plecing yang lezat. Dua tempat tersebut adalah Sate Plecing Arjuna dan Sate Plecing Mak Luk Luk.


Sate Plecing Arjuna menyediakan sajian sate plecing dalam beragam jenis, baik sate babi ataupun sate sapi. Mereka juga menawarkan menu lainnya, seperti bakso babi. Harga sate plecing di sini tidak terlalu mahal, sekitar Rp24 ribu per 10 tusuk. Lokasi kedai Sate Plecing Arjuna bisa Anda temukan di Jl. Arjuna Nomor 47, Denpasar Utara. Anda bisa menemukan kedai ini buka mulai dari pukul 9 pagi sampai setengah 5 sore.


Kemudian Sate Plecing Mak Luk Luk menawarkan menu sate plecing dengan harga yang leb ih murah. Anda dapat menikmati 10 tusuk sate plecing cukup dengan harga Rp13 ribu. Jam buka Warung Sate Plecing Mak Luk Luk juga panjang, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, beralamat di Jl. Raya Puputan Nomor 210.

                                                                          foto : Nyoman Wijayanti


Di tempat berbeda ada juga sate plecing babi khas Denpasar yang ada di Singaraja. Berlokasi di jalan pahlawan singaraja tepat di tikungan kuburan banjar tegal, Kecamatan Buleleng.

Sementara di Singaraja, sate Plecing & Siobak Singaraja ada di jalan gunung agung nomor 17, Denpasar Barat. Nama warungnya adalah sate plecing Dharma Santi. Buka dari pukul 10.00 - 21.00 wita Selain sate Plecing, warung ini juga ada menjual masakan serba babi, seperti siobak Singaraja, ricebowl babi goreng sambal matah, kikil babi kecap, hingga soto babi iga komplit. 

Buka dari pukul 11.00-14.00 wita dengan ciri khas bumbu pedas manis dan disini juga menjual menu yang lain seperti tum, lawar, pepes ikan laut, jukut dan plecing.


Penulis : Nyoman Wijayanti 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653