Langsung ke konten utama

Air Terjun Banyumala, Destinasi Wisata dengan Sejuta Pesona di Bali Belahan Utara



Buleleng-SK, Di belahan utara pulau Bali tepatnya di Kabupaten Buleleng terdapat beberapa air terjun yang indah dan popular di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Salah satunya adalah Air Terjun Kembar Banyumala. Air Terjun Banyumala ini terletak di Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng.


Ketika berada di Air Terjun Banyumala ini udara terasa sejuk, karena lokasinya berada di dataran tinggi dan juga di sepanjang jalan ke tempat ini terdapat perkebunan warga sehingga akan menambah keasrian disetiap sudutnya.

Ketinggian air terjun yang cukup tinggi sekitar 37 meter dengan diselimuti tumbuhan hijau dan rindangnya pepohonan membuatnya terlihat asri dan menawan.

Di bawah muara ketiga air terjun tersebut terdapat kolam besar yang terbentuk secara alami. Kolam berbentuk bulat ini berdiameter sekitar 15 meter. Pada momen-momen tertentu pelangi akan muncul membentang melintasi kolam.

Kolam memiliki kedalaman sedang. Air yang mengisi setinggi dada orang dewasa. Membuat kolam ini aman untuk berenang. Bagi yang tidak bisa berenang bisa sekadar berendam di bebatuan pinggir kolam.

Perjalanan ke Air Terjun Banyumaka ini berjarak 65 km atau selama 2,5 jam berkendara dari kota Denpasar menuju air terjun Banyumala, di perjalanan akan disuguhi segarnya hijau pepohonan dan suasana danau yang sejuk karena melewati danau Beratan di Desa Candikuning dan juga danau Buyan di Desa Pancasari.

Bila berkunjung pada Bulan Juli sampai Agustus, selama perjalanan juga bakal ditemani aroma khas cengkeh dan kopi. Karena momen ini merupakan musim petik para petani kopi dan cengkeh dimana perkebunanya akan kita jumpai ketika akan tiba dilokasi.

Sesampainya di pertigaan Puncak Wanagiri ambil arah ke utara, arah menuju danau Tamblingan. Jalan menuju lokasi air terjun Banyumala berada di sisi timur jalan. Tajamkan mata selama berkendara. Pasalnya penanda penunjuk arah menuju lokasi air terjun Banyumala hanya berupa papan kecil bertulisakan “Banyumala Twin Waterfall”.

Penanda tersebut akan mengarah ke timur menyusuri jalan pemukiman rumah warga sekitar 4 kilometer.  Jalan tersebut menurun. Beberapa bagian jalan cukup ekstrem jika dilewati dengan berkendara.

Sampai di ujung jalan akan ada papan yang mengarah ke kiri menuju lokasi parkir. Lokasi parkir berada di rumah warga setempat.

Jika tersesat atau tak menemukan penanda cukup tanyakan arah menuju air terjun Banyumala pada penduduk setempat. Mereka akan dengan ramah memberi tahu arah menuju ke sana.

Untuk bisa sampai ke poin spot Air Terjun Banyumala ini harus ditempuh dengan soft trekking karena lokasinya dengan parkir tempat parkir yang lumayan jauh sekitar 2 Kilometer dengan durasi perjalanan kurang lebih 15-30 menit, namun rasa lelah selama diperjalanan akan terbayarkan dengan keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun kembar ini.


Air Terjun Banyumala sendiri merupakan salah satu tempat favorit bagi warga lokal maupun wisatawan yang datang untuk menghabiskan waktu akhir pecan, oleh karenanya disarankan kalau ingin benar-benar menikmati deburan air dan kicauan burung di tempat ini lebih baik menghindari kunjungan dikahir pecan karena akan sangat ramai.


Adapun tiket masuk ke Air Terjun Banyumala ini tidak menguras kantong, cukup membayar Rp.10.000 kita sudah bisa masuk dan menikmati keindahan alam dan berendam sepuasnya di muara kolam Air terjun Banyumala. 


Tentunya untuk menjaga kejernihan air dan kebersihan lingkungan diharapkan jangan membuang sampah sembarangan terutama di muara kolam air terjun karena selain mencemari lingkungan tentunya kita juga tidak senang ketika harus berendam ditemani dengan aneka jenis sampah plastik.


Penulis : Kadek Librawan Audry




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653