Langsung ke konten utama

Pura Subak Akulturasi yang Diusung Dua Umat Beragama, Islam dan Hindu



Buleleng-  Salah satu tempat yang kental akan aklturasi agama dan budaya nya di Buleleng adalah Pura Subak Wingin. Pura Subak Wingin terletak di Banjar Dinas Bukit Sari, Desa Tegallinggah , Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Pura Subak ini diusung oleh 2 Umat, yakni Umat Hindu dan Umat Muslim. 

 

"Subak yang menggunakan sistem perpipaan atau sistem giliran antar pengguna airnya ini memiliki luas 90,6 Ha. Dengan diusung oleh 166 KK yang ada  di Desa ", ujar Kadek Suwita Ketua Subak wingin, Senin (3/10/22).

 

Untuk mencapai lokasi Pura Subak Wingin ini  bisa menggunakan sepeda motor hingga sampai di depan pagar pura. Disana anda bisa memakirkan sepeda motor di samping Bale Banjar lantaran lokasi di sekitar pura berada di pinggiran tanah yang sedikit miring dan hanya diisi oleh tanah dan beberapa jenis rumput liar. Sehingga tidak bisa memasukkan sepeda motor diarea dalam pura. 

 

Jarak dari pusat kota Singaraja hingga sampai ke pura subak wingin kira-kira 15 menit perjalanan menggunakan sepeda motor. Anda akan melewati masjid di desa-desa, jalan setapak hingga semak-semak yang terisi pemukiman warga sebelum sampai ke lokasi. Sebelumnya ketika ke sini, anda juga perlu menyiapkan bensin sepeda motor yang terisi penuh, karena jalanan yang sedikit menanjak. 

 

 

Sedikit cerita, ketika sampai di lokasi, aura akulturasi seketika menyelimuti tempat itu.  Terdengar suara burung samar-samar disertai dengan suara gesekan dedauan dan angin sepoi-sepoi yang sangat menyejukkan. Terlihat di lokasi ada 4 pelinggih, dengan 3 pelinggih di dalam area pura dan 1 pelinggih di luar area pura.  Serta terdapat beberapa Umat Hindu yang sedang melaksanakan persembahyangan, dengan di beberapa meter dari pura subak ini terdapat masjid yang kala itu umatnya tengah melaksanan Sholat Ashar.

 

Suwita menceritakan bahwa Pura Subak ini sudah ada sejak tahun 70-an, yang kala itu Umat Hindu dan Umat Muslim kekurangan air karena musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga bersama-sama membangun subak dengan sumber air yang berasal dari alas (gunung). 

 

"Dari dulu hingga sekarang, umat disini rukun-rukun. Astungkara tidak pernah ada keributan. Sistem subak ini juga jika saat mengadakan diskusi atau paruman, dihadiri  oleh krama Muslim dan Hindu yang tergabung dalam anggota subak, yang sekaligus untuk tetap menjalin tali sillaturahmi", jelasnya.

 

Beliau juga turut menceritakan bahwa umat Hindu dan Umat Islam yang ada di tempat ini  sangat menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan antar umat beragama, sehingga Desa disini dikenal dengan desa yang tinggi sikap toleransinya. 

 

 

Penulis: Luh Putu Anggreny

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653