Langsung ke konten utama

Atasi Stunting, Kades Boyemare Gelontorkan Dana Desa Ternak Kambing Etawa

 


Tim Program Peningkatakan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Mataram (Unram) telah melakukan kegiatan Sosialisasi Program dan Pembentukan Kelompok Wirausaha Peternakan di Desa Boyemare Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur  (31/07).

Kegiatan yang mengusung tema “Koperasi Susu Untuk Mendukung Agribisnis Susu Kambing Peranakan Etawa (PE) Dalam Rangka Mereduksi Stunting di Desa Boyemare”. 


Kepala Desa (Kades) Muhamad Amin, S. Pd., memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada mahasiswa Unram atas pembinaan kepada masyarakat petani peternak Desa Boyemare. 


“Ini merupakan satu kesempatan untuk kita semua wabil khusus peternak, bagaimana cara beternak yang sukses. Dalam hal ini, peternak kami sangat sangat repot dengan pekerjaaan di ladang, sementara juga mereka budidaya kambing. Sementara kotoran kambing ini belum di maksimalkan” ucap Muhamad Amin saat memberikan sambutan.


Lanjutnya, tentu dalam kesempatan berikutnya akan dibuatkan pelatihan mengenai manajemen pakan dan manajemen pengolahan limbah untuk kepentingan peternak itu sendiri. 


“Saya sendiri dulu memelihara sampai 37 ekor kambing, Alhamdulillah hasil dari ternak itu dalam satu tahun 7 bulan kalau tidak salah seingat saya, saya dapat Rp 87.227.000 dari hasil beternak Alhamdulillah saya bisa membangun rumah.” tegasnya.


Harapannya, peternak dapat membentuk kelompok sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan memiliki legalitas yang sah akan diberikan bantuan berupa kambing kepada kelompok ternak melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala Unit Pelaksana Teknis Penyuluh Pertanian (UPTPP) Kecamatan Sakra Barat dan jajaran, Kepala Wilayah se Desa Boyemare, peternak dan segenap tokoh masyarakat.


Sementara itu, Kepala UPTPP Kecamatan Sakra Barat, Sarkawi S. P., menekankan pembuatan kelembagaan kelompok tani, kelompok ternak, kelompok wanita tani dan kelompok taruna tani secara resmi karena setiap tahunnya  tetap mengadakan validasi data kelompok dan disahkan oleh Bupati.


“Jadi, program ini kita manfaatkan sebaik baiknya mari kita sama- sama bersinergi, artinya banyak kelompok tani yang kemarin itu membentuk kelompok tetapi ujung ujungnya tertidur. Sehingga, kami dari UPTPP sebagai fasilitator untuk kelompok ternak ini.”Ujarnya.

 

Lebih lanjut, dari UPTPP sendiri sudah melakukan pemanfaatan limbah ternak seperti kotoran kambing menjadi pupuk organik. 


“Saya menghimbau kepada bapak ibu untuk tidak membuang kotoran kambing tersebut tetapi hasil kotoran kambing bisa dikumpulkan dan digunakan sebagai pupuk organik. Dari segi ekonomi, pupuk organik tidak membutuhkan biaya yang banyak.”  Ungkap pria yang biasa disapa Kanit.


Di sisi lain, Ketua Tim PPK ORMAWA, Saddam Isnal Ude mengatakan kegiatan ini berlangsung sekitar 6 bulan ke depan. Diikuti oleh 12 mahasiswa Faterna Unram. Dalam pemaparannya, minimnya kesadaran masyarakat dalam usaha Kambing PE sebagai ternak dwi guna (daging dan susu) sebagai tantangannya mengubah mindset masyarakat di Desa Boyemare.

 

“Tujuan Program ini diantaranya Pelatihan Manajemen Ternak Kambing PE, Pelatihan Kesehatan Ternak, Manajemen Pemerahan dan Produksi serta Pelatihan Pengolahan Limbah untuk peternak di Desa Boyemare.” tutur mahasiswa Faterna Unram saat presentasi program.


Saddam juga menjelaskan belum adanya kelompok usaha susu Kambing PE di Desa Boyemare, menjadi target utama programnya untuk menghadirkan Koperasi Susu. 


“Ke depan, kami bersama Pemerintah Desa berkomitmen akan membuat Koperasi Susu Kambing PE ini. Kami juga telah bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Akademisi, Teknisi, Stakeholder, NGO/LSM, dan Dinas terkait lainnya.” jelasnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kacang Komak Sayuran Populer Warga Lombok

Suela. SK _ Kacang komak merupakan jenis sayur popular masyarakat pedesaan. Kacang-kacangan ini dibudidayakan oleh petani pada musim penghujan hingga dapat dipanen sampai dengan musim kemarau tiba.

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur

Berikut nama desa dan dusun dari 15 desa di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. 1). DESA BAGEK PAPAN    KODE POS : 83654 Dusun Tongtong Suit Dusun Bampak Dusun Bagik Papan 2). DESA TANAK GADANG   KODE POS : 83654 Dusun Temanjor Dusun Temanjor Timur Dusun Tegaron 3). DESA APITAIK    KODE POS : 83654 Dusun Bagek Kedok Daya Dusun Bagek Kedok Lauk Dusun Gubuk Montong Dusun Gubuk Pande Dusun Gubuk Lekok Dusun Gubuk Pernek Dusun Dasan Bagek lauk Dusun Dasan Bagek Daya 4). DESA TEKO    KODE POS : 83654 Dusun Teko Daya Dusun Teko Lauk Dusun Pedangeran Dusun Bagek Anjar 5). DESA KERUMUT    KODE POS : 83654 Dusun Benteng Dusun Kerumut Dusun Toron Dusun Dasan Lendang Dusun Gubuk Daya 6). DESA ANGGARAKSA    KODE POS : 83654 Dusun Mudung Barat Dusun Mudung Timur Dusun Aik Dalem Dusun Sangkar Sukun 7). DESA POHGADING    KODE POS : 83654 Dusun Gubuk Daya Dusun Gubuk Timuk Dusun Gubuk Tengak Dusun Gubuk Lauk Dusun Bubur Gadung Dusun Ded

Daftar Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Daftar nama desa dan dusun di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur 1). DESA AIKMEL    KODE POS : 83653 Dusun Cepak Daya Dusun Batu Belek Dusun Kampung Remaja Dusun Kampung Karya Dasan Beruk Dusun Kampung Karya Barat Cepak Lauk 2). DESA AIKMEL BARAT    KODE POS : 83653 Dusun Banjarsari Dusun Pungkang Daya Dusun Pungkang Lauk Dusun Pungkang Daya Baru Dusun Banjarsari Lauk 3). DESA AIKMEL TIMUR    KODE POS : 83653 Dasan Bagek Timur Dasan Bagek Barat Dusun Cepak Timur 4). DESA AIKMEL UTARA    KODE POS : 83653 Dasan Lian Lauk Dasan Lian Daya Dusun Aik Asak Dusun Karang Petak Dasan Lian Daya Barat 5). DESA AIK PERAPA    KODE POS : 83653 Dusun Aik Perapa Dusun Sempur Daya Dusun Sempur Lauk Dusun Otak Ree 6). DESA TOYA    KODE POS : 83653 Dusun Toya Lauk Dusun Toya Daya Dusun Peneda Dusun Aik Lomak Dusun Daarul Ikhsan Dusun Al-Muttaqin Dusun Pertemuan Dusun Montor Lekong Dusun Kekuang 7). DESA KEMBANG KERANG    KODE POS : 83653