Warga Resah, Pringgabaya Gelamang dan Perempuan AMAN Salurkan Sembako

Pringgabaya SK- Dampak pandemi covid-19 begitu terasa, pasalnya tak hanya soal kesehatan yang diserang tetapi juga soal kesejahteraan ekonomi yang juga meresahkan warga.

Menyikapi hal tersebut Komunitas yang menamakan diri sebagai Pringgabaya Gelamang dan Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) melakukan aksi bagi-bagi sembako untuk jompo dan warga miskin, Jumat, 24/04/2020.

Aksi yang dinamai dengan Gelamang Berbagi ini setidaknya sudah dilakukan dua kali, menyasar warga di sekitaran Desa Pringgabaya. Dalam sekali aksi sekitar 3-5 orang di berikan sembako. Tergantung jumlah donasi yang terkumpul.

Founder Pringgabaya Gelamang Khairil Anwar menyampaikan, "belum ada target sampai kapan akan dilakukan, tetapi kami akan konsisten melakukan hal ini selama satu kali seminggu, pada hari jumat, ungkapnya.

Anwar juga menambahkan, dana untuk membeli sembako ini murni dari uang Saku yang rekan-rekan Pringgabaya Gelamang dan teman komunitas yang dikumpulkan, ada juga dari donatur yang tidak ingin kita sebutkan namanya.

Ia juga menyampaikan, Sejauh ini kami belum pernah memasukkan proposal ke lembaga-lembaga. Tetapi Apabila ada lembaga atau instansi yang menyalurkan donasi, kami Pringgabaya Gelamang siap membantu untuk menyalurkannya.

Dia juga mengajak kepada pemuda untuk ikut sama-sama bergerak membagikan rizkinya, melaui gerakan Gelamang berbagi sembako.

Sementara itu Perwakilan Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara juga menerangkan, bahwa paket sembako yang dibagikan total harganya senilai 150 ribu. Paket sembako itu isinya berupa, beras, gula, sirup, mie, serta telur, kata zuhrony.

Paket sembako ini kami pilih, karena kami pikir bahwa inilah yang sangat dibutuhkan saat ini.

Zuh juga mengajak kepada  seluruh masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) untuk bergerak bergotong royong mulai dari diri sendiri.

Menurut dia, kalau menunggu bantuan terlalu banyak yang harus kita persiapkan, dan itupun kalau dia terealisasi.

"maka mari kita bergotong royong sembari menunggu bantuan dari lembaga atau instansi yang lainnya" tututnya.

Ditempat yang sama warga yang disantuni juga mengucapkan terimakasih atas gerakan Gelamang Berbagi ini.
 Warga yang diberikan paket sembako tampaknya sangat senang dan bahagia, terlihat dari raut wajahnya dan matanya yang berkaca-kaca saat diwawancara.
"Terimakasih  saya sampaikan atas bantuan nya" kata Inak Ati.

Penulis: Rian

Related Posts:

0 Response to "Warga Resah, Pringgabaya Gelamang dan Perempuan AMAN Salurkan Sembako"

Posting Komentar

Featured Post

Kekeringan Melanda, Gema Selaparang Salurkan Air Bersih

Lotim. SK_ Kekeringan yang melanda Masyarakat Kabupaten Lombok Timur Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Masyarakat Selaparang (GEMA SELAPAR...