Pipa PDAM Bocor, Warga Menikmati Air Bersih

Suela. SK_  Musim kemarau yang melanda beberapa daerah di kabupaten Lombok Timur belakangan ini, mulai berdampak pada sulitnya mendapatkan air bersih, karena beberapa sumber yang dimiliki warga mulai mengering, seperti terjadi di salah satu Desa Ketangga Kecamatan Suelar, Kabupaten Lombok Timur NTB.


Untuk mencukupi Kebutuhan air sehari-hari, warga setempat biasanya harus turun menuju sungai. Namun, siang tadi, (5/10/2015) sebagian warga Dusun Montong Gedeng berbondong-bondong mengambil air pada saluran pipa air PDAM yang bocor.

Bocornya pipa PDAM langsung dimanfaatkan warga, dengan cara memasang selang air untuk menyedot aliran air milik perushaan daerah ini.

"Hitung-hitung air PDAM mata air lemor ini bisa menghemat biaya dan hemat tenaga. Sekaligus bisa menikmati air segar mata air lemor "  ujar Rohmah warga Dusun Montong Gedeng.

Meski pipa PDAM terpasang sejak dulu, namun air segar mata air lemor sangat sulit dinikimati oleh masyarakat setempat. Kesulitan tersebut dilatarbelakangi mahalnya pendaptaran sebagai anggota PDAM. Selain itu masyarakat juga tidak mampu membayar bulanan yang cukup tinggi.

Hal tersebut disampaikan Hajad Guna Roasmadi tokoh pemuda Desa ketangga mengatakan “meski masyarakat Desa Ketangga sebagai desa penyangga mata air lemor namun sangat sedikit warga yang dapat menikmatinya, terlebih bagi masyarakat kategori miskin jelas tidak bisa membeli air PDAM” Jelasnya Saat dikonfirm di kediamanya.  


Hajad Guna R juga menambahkan “nah masyarakat setempat memanfaatkan pipa aiar PDAM bocor untuk kebutuhan air minum. Selain itu juga umumnya di beberapa desa Di Kecamatan Suela seperti  Desa Ketangga, Desa Suntalangu dan Desa Selaparang mengambil langkah alternative dengan memanfaatkan aliran air rembesan untuk dialirkan kemasyarakat, meski  tidak terjamin kesehatanya” tambahnya mengakhiri.  (Em)

Related Posts:

0 Response to "Pipa PDAM Bocor, Warga Menikmati Air Bersih"

Posting Komentar

Featured Post

Desa Selaparang dan Mekar Sari Dapat Bantuan Air Bersih

  Lotim. SK_Setelah sebelumnya Gema Selaparang melakukan aksi sosial di Desa Perigi, kini giliran Desa Mekar Sari dan Desa Selaparang Kecama...