Saatnya Akar Rumput Bersuara

Lombok Timur. SK_Jurnaslime warga (citizen journalism) adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga akar rumput. Warga tidak hanya disuarakan namun mampu menyuarakan haknya.
Citizen journalism didasarkan warga masyarakat (public citizens) yang berperan aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis, dan menyebarkan berita dan informasi.

Berita atau informasi yang diproduksi jurnalis warga disebarluaskan melalui media warga. Jurnalisme warga memiliki tujuan untuk memperbaiki ruang public yang saat ini dikuasi oleh media mainstrim.
Para pegiat jurnalisme warga telah banyak memanfaatkan media social seperti blog, facebook, youtube, majalah, buletin, radio komunitas, TV Komunitas dan sebagainya.
Jurnalistik dalam jurnaslime warga adalah proses penulisan dan penyebarluasan berita (news). Karenanya, dasar pengetahuan dan keterampilan (knowledge and skill) jurnalisme warga adalah pemahaman dan kemahiran menulis berita.
Dari dasar keterampilan menulis berita ini nanti berkembang dengan kemampuan menulis karya jurnalistik lainnya, seperi feature, artikel opini, foto jurnalistik, lalu jurnalistik penyiaran (broadcast journalism alias jurnalistik radio dan televisi).
Jurnalisme warga telah banyak memberi kontribusi bagi perkembangan pembanunan bangsa dan negara. Berkat jurnalisme warga, kondisi masyarakat yang berada dipelosok, suara minoritas seperti difabel, jompo, anak dan kaum perempuan yang jarang ditampilkan secara adail dan proporsional akan dapat tersuarakan.
Adanya program pelatihan (Training) Jurnalisme warga dengan tema ”Saatnya Akar Rumput Bersuara” merupakan salah satu ikhtiar dalam rangka mengembangkan skills warga dalam dunia jurnalistik/kepenulisan.
Materi dalam pelatihan jurnalistik ini tidak membebani peserta dengan tema-tema yang berat, namun diupyakan peserta meraa senang dan enjoy di dalam mengikuti training. Dengan Pelatihan ini diharapkan akan membangkitkan semangat warga akar rumput (Grassroot) dalam menyuarakan haknya.
Kegiatan Training Jurnalisme Warga ini atas kerjasama Lembaga Media Komunitas Speaker Kampung dan Program Citradaya Nita Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) yang akan diselenggarakan pada hari Ahad 18 Dessember 2016 di SMP Islam Bila Kembar Desa Suela Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur.

Related Posts:

0 Response to "Saatnya Akar Rumput Bersuara"

Posting Komentar

Featured Post

Pati Rata Pringgabaya Lahir Untuk Membangun Desa

Peringgabaya SK_Pemuda Pemudi Dasan Lendang, Dusun Dasan Lendang,  Desa Pringgabaya, Kecamatan, Pringgabaya, Lombok Timur-NTB, berinisiasi...