Cerita Warga, Antar Calon Jamaah Haji

Ketangga.SK_ Tradisi mengantar Haji oleh masyarakat Desa Ketangga, Kecamatan, Suela, Lombok Timur, Ntb. Jum'at, 12/07/2019. Kebiasaan ini menjadi tardisi turun temurun dalam mengantar Jamaah Calon Haji Lombok Timur yang berangkat menuju Asrama Haji di Mataram.

Biasanya masyarakat Desa Ketangga mengantar Jamah ke Asrama Haji untuk yang pergi bersama calon Jamaah Haji. Pengantar membawa peralatan dan perelengkapan yang lengkap untuk satu hari di Asrama Haji.

Kalau tidak berangkat bersama Jamaah Haji, pengantar tidak menginap di Asrama Haji, tetapi pengantar langsung menunggu di Bandara Internasional Lombok, yang berada di Lombok Tengah.

Teradisi ini menjadi kekompakan masayarakat yang ada di dusun masing-masing, jika tidak ikut mengantar Jamaah Haji maka akan menjadi buah bibir masayarakat.

Seperti kata Rohayum saad ia mempersiapkan perlengkapannya kemarin, ia mengatakan jika saya tidak ikut maka saya akan di bicarakan oleh masyarakat disini ujarnya.

Teradisi ini akan menjadi kebiasaan yang positif untuk masyarakat untuk menjalin hubungan antara sesama. Selain itu masyarakat beranggapan bahwa mengantar Jamaah Haji menjadi liburan bersama keluarga.

Ibu Ium mengatakan, biarpun kita susah untuk mencari uang teransfot dan belanja, kita akan tetap ikut demi kekompakan kampung kita ungkapnya.

Tutik menambahkan bukan hanya kekompakan yang kami bangun, tapi kami menjadikan momen liburan bersama anak-anak dan keluarga sambil mengantar Jamaah Haji yang ada di kampung tambahnya.

Nah kebiasaan ini masyarakat menjadi kompak dan solid dalam segalanya, dan menjadikan liburan bersama kelaurga. Hal ini menjadi kebiasaan positif untuk masyarakat yang ada di kampung atau di desa.

Penulis: Rozi

Related Posts:

0 Response to "Cerita Warga, Antar Calon Jamaah Haji"

Posting Komentar

Featured Post

Pati Rata Pringgabaya Lahir Untuk Membangun Desa

Peringgabaya SK_Pemuda Pemudi Dasan Lendang, Dusun Dasan Lendang,  Desa Pringgabaya, Kecamatan, Pringgabaya, Lombok Timur-NTB, berinisiasi...