Potret Sinergi Pemdes dengan Pendamping Desa Sambelia

Sambelia.SK_ Dari ruang jendela kaca, sudut aula  kantor desa, empat orang pejuang pemberdayaan desa terlihat duduk asyik. Mereka diantaranya dua orang Pendamping Desa Kecamatan Sambelia, Sekdes Dara Kunci dan Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Sambelia.

Tak hanya duduk santai, mereka diskusi soal strategi dan taktis mendorong pengelolaan desa untuk kemandirian. Meski sesekali guyonan menghalau obrolan santai itu.

I Gusti Ngurah Aryawan Asasandi Pendamping Desa Pemberdayaan/ PDP Kecamatan Sambelia berharap desa-desa ini harus ada inovasi untuk terwujudnya desa mandiri.

"dengan bersinergi antara pemerintah desa dan pendamping desa akan ada hasil yang nyata. Tujuannya semata-mata untuk membangun desa yang mandiri dalam mengelola sumber daya" jelas Ngurah.

Dalam diskusi kecil tersebut, mereka hendak menunggu peserta Bimbingan Teknis/ Bimtek Perangkat Desa bagi Desa Dara Kunci di Aula Kantor Desa Dara Kunci Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok timur, Senin 22/7/2019.

Sekira pukul 14: 30 Wita para peserta berangsur-angsur datang menduduki kursi yang disediakan panitia.

Dalam acara ini tak terlihat kaku, peserta dan pihak kecamatan yang juga sebagai narasumber tidak asing. Mardi perwakilan kecamatan yang juga sebagai narasumber merupakan sekdes Desa Dara Kunci sebelumnya.

Mardi menjelaskan, "acara bimtek ini sebetulnya untuk memeberikan pemahaman bagi perangkat desa baru. Sementara itu, bimtek ini juga memantapkan pemahaman perangkat desa yang lama" ujar Mardi saat menyampaikan materinya.

Salah satu bentuk kerja sinergi ini, pihak pendamping desa menyampaikan terkait dengan pengelolaan keuangan desa. Ia membedah soal pengelolaan keuangan dalam regulasi Permendagri no 20 tahun 2018.

Pada bimtek perangkat desa ini salah satu bentuk kerja sinergi, shingga desa kedepan akan lebih mampu mengelola anggaran dan memanfaatkan anggaran dana desa.

Related Posts:

0 Response to "Potret Sinergi Pemdes dengan Pendamping Desa Sambelia"

Posting Komentar

Featured Post

Rumah Labuan Pandan Terbakar, Dua Unit Motor dan Barang Berharga Tak Terselamatkan

Lombok Timur, SK - Kebakaran yang terjadi di Dusun Labuhan Pandan Tengak, Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, sekira pu...