Dana Desa Belum Cair, Desa Ini Harus Ngutang Tangani Covid-19



Dalam rangka menangani Pandemik virus Corona (Covid-19) yang terus meluas di Lombok Timur, Pemerintah Desa Bagik Manis, Kecamatan Sambelia, NTB gunakan dana desa (DD) untuk arahkan penanggulangan dan pencegahan  di kawasan desa setempat.

Menindak lanjuti surat edaran  setempat untuk pencegahan virus Corona dengan menggunakan DD. Meski DD belum keluar Kepala desa Bagik Manis, Abdurahman, mengatakan DD yang digunakan untuk penangan virus didapat melalui pinjaman.

“Hari ini kami melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga dan beberapa titik yang bersumber dari DD meskipin sampi hari ini kami belum terima, yang kami dapat melalui pinjaman,” kata Abdurahman, Minggu (29/3/2020), siang tadi.

Ia menjelaskan DD tersebut juga dialokasikan untuk alat tenaga medis  yang ada di Pos Bersalin Desa (Polindes) yang sudah disalurkan ke masing-masing Pos Pelayanan Terpadu (Posiandu) .

"Selain bahan penyemprotan, kami juga mengalokasikannya untuk kebutuhan yang berkaitan dengan alat pelindung diri (APD)," jelasnya.

Ia juga menambahkan, hal itu dilakukan karena dianggap suatu yang bersifat mendesak dalam rangka penanganan secepatnya virus Corona.

Untuk menjamin terlaksananya kegiatan tersebut pihak desa membentuk satuan tugas (Satgas) khusus penangan dan pencegahan Corona Virus yang terdiri dari semua kepala dusun yang ada dan melibatkan Polmas setempat.

Dalam rangka pencehan dan penyebaran virus tersebut, pemerintah desa juga melakukan edukasi cara pencegahan seperti tetap mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer dan tetap menjaga pola hidup sehat kepada masyarakat selama seminggu terakhir.

Penulis: Angga

Related Posts:

0 Response to "Dana Desa Belum Cair, Desa Ini Harus Ngutang Tangani Covid-19"

Posting Komentar

Featured Post

Desa Selaparang dan Mekar Sari Dapat Bantuan Air Bersih

  Lotim. SK_Setelah sebelumnya Gema Selaparang melakukan aksi sosial di Desa Perigi, kini giliran Desa Mekar Sari dan Desa Selaparang Kecama...