HWDI : Sosialisai KPU Loteng Dinilai Kurang Maksimal - Speaker Kampung

Breaking News

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 06 Desember 2020

HWDI : Sosialisai KPU Loteng Dinilai Kurang Maksimal

 


Mataram.SK_ Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) kembali mengkritik penyelenggara pemilu, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dinilai tidak maksimal melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada Loteng

 

Kritikan tersebut dilontarkan Ketua HWDI Loteng, Sima di acara talk show menakar kualitas demokrasi pada Pilkada Loteng 2020 di Ballrom Kantor Bupati, Sabtu 5 Desember 2020.

 

“Bagaimana mau meningkatkan kualitas demokrasi dan partisipasi masyarakat pada Pilkada, kalau sosialisasi tidak maksimal, terutama kepada masyarakat Penyandang Disabilitas” ucap Sima.

 

Penyandang Disabilitas sangat merasakan betul, kalau sosialisasi terkait tahapan dan pelaksanaan Pilkada Loteng belum maksimal. Mulai dari tahapan, hingga tatacara pencoblosan, mengingat penyandang Disabilitas belum tentu tau cara mencoblos.

 

Dikatakan, jumlah masyarakat Penyandang disabilitas di Kabupaten Loteng yang terdata sampai sekarang mencapai 1.886 orang. Kalau sosialisasi tidak maksimal, bagaimana mereka bisa tau tatacara menggunakan hak pilih 9 Desember mendatang.

 

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Loteng, Harun Azwari sebelumnya menyampaikan, dengan situasi yang masih dalam wabah Covid-19, harus bisa difahami banyak aktivitas yang melibatkan massa harus ditiadakan oleh penyelenggara pemilu untuk melakukan sosialisasi.

 

Program sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada Loteng yang awalnya direncanakan banyak melibatkan orang sedikit terganggu, tapi sbenarnya bisa dilakukan melalui media sosial.

 

Terkait keluhan HWDI, Harun membantah kalau pihaknya tidak pernah melakukan sosialisasi. Bawaslu sudah dua kali menghadirkan teman disabilitas.

 

“Sejak 2019 sampai sekarang penyelenggara pemilu, terutama Bawaslu sangat ramah Disabilitas dan selalu menyediakan kelengkapan Disabilitas untuk mencoblos, tidak ada yg menyulitkan” tutupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad